Senin, 31 Desember 2012

Yuk, Berhitung mengenai masa depan Kita...

Yuk, berhitung mengenai masa depan! Hal tersebut seringkali menjadi bagian dari rencana seseorang dan susun beberapa rencana untuk kehidupan masa depan yang lebih baik. Anggapan bahwa laki-laki merupakan kepala rumah tangga harus diakui masih mengakar dan membudaya. Namun, perempuan berada di baliknya, yang memiliki kuasa menggerakkan kepala. Perempuan juga mempunyai andil besar mengambil keputusan dalam berbagai hal. Mulai dari memilih tempat tinggal hingga keputusan finansial. Karena itu, penting bagi perempuan untuk teredukasi dengan baik dan memahami setiap keputusan yang diambilnya. Pasalnya, setiap keputusan kecil yang Anda ambil, punya dampak masa depan. Konsekuensi atas setiap keputusan yang diambil, bukan sekadar harus dihadapi dengan bijak, tetapi juga bisa dipersiapkan dengan baik.

Banyak orang punya keinginan, seperti memiliki rumah, liburan, memberangkatkan orangtua pergi haji, dan lainnya. Namun, mereka tak mengetahui berapa nilainya dan kebutuhannya. Biasanya mereka mempunyai berbagai macam impian tersebut tetapi tidak merencakannya dengan benar dan matang. Kemudian muncul anggapan untuk menabung. Menabung menjadi pilihan paling awam dalam mempersiapkan keuangan untuk mencapai keinginan. Namun, menabung saja takkan cukup. Ada faktor inflasi dan bunga yang harus diperhitungkan. Dengan inflasi rata-rata 6 persen, bunga 4 persen, nilai tabungan akan terus berkurang.

Membuat perencanaan yang matang sejak dini. Misalnya, apa yang akan Anda lakukan dengan dana likuid Rp 300.000 per bulan? Tentu, setiap perempuan punya pilihan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Anda berhak menggunakan atau membelanjakan uang dari pernghasilan Anda sendiri. 

Anda boleh bermanja di spa, minum kopi bersama sahabat untuk mengusir lelah dan penat dari rutinitas pekerjaan, dan apa pun gaya hidup yang memberikan kenikmatan tersendiri bagi Anda. Namun, apakah Anda menyadari sepenuhnya konsekuensinya? Memahami dampak dari setiap keputusan kecil yang diambil setiap harinya, dari uang Anda? Perempuan harus menikmati hidup karena banyak tekanan yang dihadapinya, dengan menjalani banyak peran, sebagai istri, ibu, juga profesional. Tapi, perempuan juga harus teredukasi dalam membuat keputusan dan tahu betul dampak dari setiap keputusan yang diambilnya jika ingin menjadi superwoman yang sebenarnya.

Tentukan kesejahteraan anda mulai dari sekarang. Umumnya, perencanaan ini diserahkan pada perempuan. Untuk itulah seorang perempuan harus memiliki pengetahuan dan fakta sebelum membuat keputusan, sekecil apa pun, apalagi menyangkut finansial. Keputusan finansial, termasuk saat merencanakan keuangan jangka panjang untuk kebaikan di masa depan, dapat diperhitungkan saat ini. Dengan begitu, rencana keuangan lebih realistis, dan perempuan lebih mudah menentukan prioritas.

Contohnya, jika saat ini usia Anda 25 tahun, dan menyisihkan uang Rp 300.000 per bulan untuk investasi. Maka Anda dapat mempersiapkan  keuangan senilai Rp 5,4 miliar pada usia 55 tahun, saat Anda tak lagi produktif atau memasuki masa pensiun. Nilai ini didapatkan dengan memperhitungkan tingkat suku bunga sekitar 19 persen per tahun, dengan masa waktu investasi 10 tahun. Uang Rp 5,4 miliar bisa bertambah atau bahkan berkurang, tergantung di usia berapa Anda mulai melek berinvestasi. Waktu dan mindset merupakan faktor penting terkait investasi. Jika Anda mulai memutuskan berinvestasi jangka panjang sedini mungkin, dampaknya dapat Anda nikmati di masa depan. Pada 5-20 tahun ke depan. Anda menjadi orangtua mandiri, tak menggantungkan hidup pada anak atau orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ragam info...

Pengikut