Sabtu, 28 September 2013

inilah 10 Prinsip Bisnis Yang Dianut Sam 'Wal Mart' Walton

sam walton
Sam Walton adalah salah satu pebisnis sukses dunia yang berasal dari Amerika Serikat dan merupakan pendiri perusahaan ritel Wal-Mart. Perusahaan ini termasuk perusahaan publik terbesar ketiga di dunia menurut Fortune 500 Global pada tahun 2012.
Kekayaan yang ditinggalkan Walton saat wafat pada tahun 1992 mendekati $ 25 miliar USD. Dan sampai saat ini Wal-Mart memiliki 8.500 toko di 15 negara di bawah nama yang berbeda-beda.
Kesuksesan inilah yang membuat Walton memberikan formula bagi para pebisnis muda untuk membangun bisnis  hingga menjadi sukses.
Berikut sepuluh prinsip bisnis yang dijadikan diikuti oleh Sam Walton dalam membangun kerajaan bisnisnya:
1. Selalu berkomitmen dalam bisnis
Jika Anda selalu berkomitmen dalam bisnis, saya yakin kesuksesan akan menghampiri Anda. Selain itu, Anda harus menyukai pekerjaan Anda saat ini dan selalu melakukan yang terbaik dalam menjalankan bisnis tersebut.
2. Bagi keuntungan Anda dengan semua rekan Anda dan memperlakukan mereka sebagai mitra

Dengan membagi keutungan dengan semua rekan kerja dan memperlakukam mereka sebagai mitra, ini akan  membawa semangat bagi semua rekan untuk melampaui target yang ada. Terpenting Anda bisa mengontrol kerja dari rekan bisnis Anda agar selalu bersemangat dalam bekerja.
3. Memotivasi mitra Anda
Memberikan uang keuntungan kepada mitra, bisa dianggap tidak cukup. Coba Anda memotivasi mitra kerja Anda untuk meningkatkan persaingan dalam dunia bisnis. Jika perlu buat tantangan yang menantang  kepada mitra kerja Anda agar bisnis yang dijalankan selalu bersemangat.
4. Selalu berkomunikasi kepada mitra kerja
Informasi adalah salah satu kekuatan yang penting dalam suatu bisnis. Maka dengan informasi tersebut Anda perlu berbagi dengan mitra kerja. Semakin banyak mereka tahu, mereka akan semakin mengerti.  Dan semakin mereka mengerti, mereka akan semakin peduli terhadap Anda. Begitu mereka peduli kepada Anda tidak ada yang bisa menghentikan mereka terhadap keloyalannya kepada Anda. Inilah salah satu keuntungan dari mitra kerja Anda dengan selalu berkomunikasi.
5. Menghargai semua rekan kerja
Menghargai rekan kerja adalah suatu hal yang harus diperhatikan oleh para pebisnis. Karena menghargai rekan salah satu cara untuk membangun bisnis yang dijalankan menjadi lancar.
6. Rayakan kesuksesan Anda
Merayakan kesuksesan adalah titik awal dalam meraih keberhasilan,  apalagi merayakan kesuksesan bersama dengan mitra kerja yang memberikan value bagi perusahaan Anda.
7. Coba minta masukan yang baik dan buruk dari para karyawan
Jika bisnis Anda bergerak di bidang peritel, dan  ada karyawan yang berada di garis depan dalam melayani pelanggan, coba Anda tanyakan kepada mereka apa keluhan dari pelanggan, baik itu keluhan yang positif maupun negatif. Selain itu, minta ide-ide kepada mereka untuk membangun bisnis menjadi lebih berkembang.
8. Selalu memuaskan pelanggan
Memuaskan pelanggan ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan pelayanan yang baik dan memuaskan. Jika Anda melakukan itu semua, mereka akan datang berulang-ulang. Selain itu, coba berikan apa yang mereka inginkan seperti program diskon dan lain sebagainya.  Ada kata yang penting  dalam memuasakan pelanggan di Wal-Mart yakni Kepuasan Dijamin.
9. Harus bisa mengendalikan biaya pengeluaran dan lebih baik dari kompetitor
Wal-Mart selama dua puluh tahun berjalan, termasuk peringkat pertama di industri peritel yang memiliki rasio terendah dari biaya penjualan. Dan selalu menemukan keunggulan kompetitif dalam biaya pengeluaran. Salah satunya  cara dengan menjalani kinerja dengan seefesien.
10. Coba cari ide yang berlawanan
Biasanya banyak para pebisnis yang menjalankan ide-ide yang sama, sehingga persaingan dalam menjalan ide tersebut semakin tajam. Coba cari ide yang berlawanan dari ide yang ada, memang banyak hambatan yang dilalui jika Anda melakukan ide secara berlawanan. Tapi, yakinlah dengan ide itu akan mendapatkan ide bisnis yang cermerlang. (bn)
BACA JUGA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ragam info...

Pengikut